Buy Yelp Reviews

Yelp Review is a component of Yelp.com, the largest review stage on the web. The Yelp review is about how buyers rate the organization and offer their evaluation of items, administration or even…

Smartphone

独家优惠奖金 100% 高达 1 BTC + 180 免费旋转




Manajemen Keuangan adalah Kunci Kesehatan Bisnis

Manajemen Keuangan adalah

Seberapa besar pun keuntungan yang Anda dapatkan, bisnis Anda tidak akan jadi sehat tanpa adanya manajemen keuangan yang baik. Ya, manajemen keuangan adalah kunci kesehatan bisnis.

Manajemen keuangan mencakup penggunaan dana dan aset yang tepat. Maka dari itu, manajemen keuangan yang baik akan mengantar bisnis menuju perkembangan yang berkelanjutan.

Tak hanya di dalam berbisnis, manajemen keuangan juga sangat penting bagi individu. Melansir buku All Your Worth: The Ultimate Lifetime Money Plan, Senator Elizabeth Warren dan Amelia Warren Tyagi, manusia butuh prinsip 50/30/20 untuk mengatur keuangan. Prinsip itu berarti mengalokasikan uang yang dimiliki sebanyak 50% untuk kebutuhan, 30% untuk keinginan, dan 20% untuk tabungan.

Manajemen keuangan merupakan kegiatan yang sangat penting karena kegiatan ini menghadirkan sejumlah manfaat berikut:

Agar bisnis terus berjalan dengan lancar, Anda perlu mengatur struktur modal secara efisien. Anda lantas dapat mengalokasikan modal untuk hal-hal yang dibutuhkan dengan tepat.

Setelah berhasil mendapatkan keuntungan, perusahaan akan mampu menambah aset yang mendukung kelancaran bisnis. Selain itu, perusahaan juga bisa menggunakan keuntungan itu untuk membayar utang dengan tepat waktu.

Manajemen keuangan juga berfungsi untuk menjaga kelancaran arus kas dan memastikan bahwa perusahaan memiliki uang yang cukup untuk membiayai kegiatan produksi dan operasional.

Manajemen keuangan juga mencakup tugas perencanaan dan pembayaran pajak perusahaan kepada pemerintah dengan jumlah dan di waktu yang tepat.

Kemudian, manajemen keuangan juga mencakup pengendalian keuangan dengan menyusun berbagai kebijakan dan prosedur rinci untuk mencegah kesalahan pengelolaan uang.

Kebijakan itu meliputi cara merekam pendapatan dan pengeluaran, metode pelaporan keuangan apa yang digunakan, dan cara perusahaan mengelola uang secara menyeluruh.

Setelah berkembang pesat, perusahaan juga mungkin menerima permintaan untuk menjadi investor di perusahaan lain. Tak hanya itu, perusahaan juga mungkin berencana untuk berinvestasi di dalam saham atau instrumen lainnya.

Nah, penilaian terkait semua hal itu akan dikerjakan oleh manajer keuangan. Agar dapat menilai dengan baik, manajer keuangan perlu meneliti keuangan internal dan calon perusahaan tempat perusahaannya berinvestasi. Pihak manajemen puncak kemudian akan menyetujui atau menolak investasi berdasarkan penilaian tersebut.

Manajemen keuangan suatu perusahaan dijalankan oleh divisi keuangan. Saat menjalankan tugasnya, divisi ini wajib memegang beberapa prinsip berikut:

Akuntabilitas berbicara tentang tanggung jawab. Pengelola keuangan perusahaan harus memiliki akuntabilitas untuk dapat mengelola keuangan perusahaan secara bertanggung jawab.

Jika diminta pertanggungjawaban terkait keputusan dan tindakannya, maka divisi keuangan harus bisa menjelaskan latar belakang pengambilan keputusan dan tindakan itu serta memberi pertanggungjawaban.

Integritas berbicara tentang kejujuran. Divisi keuangan harus bersikap jujur dan tidak menutupi apa pun yang berkaitan dengan uang perusahaan.

Jika divisi keuangan menyampaikan hal yang memang benar terjadi dengan keuangan perusahaan, maka pihak manajemen puncak bisa mengambil keputusan yang tepat. Sebaliknya jika tidak, maka keputusan yang diambil malah mungkin merugikan perusahaan.

Tak hanya divisi keuangan, pihak manajemen puncak juga harus bersikap transparan saat melaporkan keuangannya. Ini termasuk saat pelaporan pajak dan pencarian investor.

Dengan begitu, Anda akan menemukan investor yang siap dengan segala prospek dan risiko perusahaan. Hal ini dapat menghindarkan Anda dari komplain di masa depan.

Demikian pula halnya dengan pajak. Bukan tidak mungkin hal yang Anda tutupi dapat diketahui oleh kantor pajak. Jika hal ini terjadi, maka Anda akan dikenai denda yang tidak sedikit. Sangat merugikan, bukan?

Berdasarkan sejumlah prinsip dan manfaat manajemen keuangan di atas, dapat disimpulkan bahwa divisi keuangan berperan penting di dalam berbagai hal. Mulai dari pembelian, pengelolaan aset, pengendalian dana, hingga pengambilan keputusan terkait investasi. Dengan begitu, divisi keuangan perlu menggunakan software yang dapat memudahkan pekerjaannya, yaitu software ERP iDempiere.

Uniknya, ERP iDempiere dapat dikustomisasi sesuai keunikan proses bisnis perusahaan dan digunakan tanpa batasan jumlah pengguna (unlimited user). Untuk informasi lebih lanjut tentang ERP iDempiere, silakan hubungi Kosta Consulting di nomor 0821–2228–2266.

Add a comment

Related posts:

Chakra ArtPunks Loot Box

Chakra the Invincible has made headlines with the amount of love it has garnered in it’s run and it is in association with some of the brightest minds in the world. BeyondLife.club is partnering with…

IRS Obtains Court Order Authorizing Summons For Records Relating To U.S. Taxpayers

This court ruling did not get a much press, but is a very big deal! IRS Obtains Court Order Authorizing Summons For Records Relating To U.S. Taxpayers Who Failed To Report And Pay Taxes On…

A Luxembourgian finds her Mysterious Muse in Miaskovsky

When we find something meaningful that takes us on a journey of spirit, leading us through a labyrinth towards an unknown, inevitably this path leads us to our purpose. For musicians this is a…